INTERNET DAN MAHASISWA

INTERNET DAN MAHASISWA

Oleh : Untung Ali Romdon
Abstrak
Mahasiswa need of internet because very important for task from teacher. Internet is source of science beside library. Internet can make positive and negative.
keywords
Untung Ali Romdon, internet, mahasiswa, perpustakaan, warnet, moral, pengunjung, artikel, makalah, negative, positif.

A. Pendahuluan

Kata internet sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa, bahkan mungkin hampir setiap hari kita bersinggungan dengan internet. Dalam kehidupan yang serba modern seiring dengan arus globalisasi yang tidak terbendung maka penggunaan internet oleh mahasiswa sudah menjadi perkara yang wajib. Di dalam internet hampir segala yang kita inginkan ada disitu, sebut saja artikel, lagu, film, apapun itu bisa di cari di internet yang biasanya di cari dengan search engine atau dalam bahasa kerennya mbah google.
Mahasiswa yang dalam keseharian selalu dibebani oleh dosen berbagai macam tugas, ternyata tidak jarang yang mencari dai dalam internet. Bahkan istilah copy paste sering terdengar ditelinga kita. Sebagai mahasiswa haruslah menjunjung tinggi nilai- nilai kejujuran. Apabila dalam menyusun sebuah makalah dan sejenisnya sumbernya mengutip maka ada baiknya asal sumber tersebut di cantumkan dalam sebuah footnote itulah prinsip ilmiah mahasiswa. Lalu seberapa pentingkah internet buat mahasiswa? Dan bagaimana kiprah perpustakaan yang nota bane nya sebagai sumber referensi yang terpercaya? Berikut akan penulis uraikan.

B. Pentingkah Internet Untuk mahasiswa?

Internet telah tumbuh menjadi sedemikian besar sebagai alat informasi dan komunikasi yang tidak dapat diabaikan. Saat ini telah ratusan ribu jaringan lokal terhubung ke internet. Penggunanya kini telah mencakup berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, surat kabar, penerbit, stasiun TV, artis, para pendidik, pengelola perpustakaan, penggemar komputer, dan sebagainya.
Bagi mahasiswa yang disibukkan dengan seabrek tugas dari dosen mungkin tidak akan bisa menyelesaikan tugas dengan sempurna tanpa bantuan internet. Dipungkiri atau tidak kehadirannya sangat membantu dalam hal mencari sumber makalah dan tugas- tugas lainnya. Apalagi di dalam area kampus sekarang banyak yang menyediakan hot spot area yang mana itu sangat membantu bagi yang ingin terhubung dengan dunia internet. Ditambah lagi menjamurnya warung internet di berbagai sudut kota.
Sementara itu mahasiswa juga dapat menggunakan internet untuk belajar sendiri secara cepat, sehingga akan meningkatkan dan memeperluas pengetahuan, belajar berinteraksi, dan mengembangkan kemampuan dalam bidang penelitian
Tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan mahasiswa dalam menggunakan internet sebagai sumber informasi diataranya :
1. Referensi yang digunakan artikel tersebut
2. Keaslian sumber artikel tersebut.
3. Apakah artikel tersebut dapat dipertanggung jawabkan?
Hal- hal seperti ini kelihatan sepele tetapi bila dicermati lebih jauh lagi hal ini akan dapat membantu sekali apabila suatu saat makalah ataupun tugas kita apabila diminta pertanggungjawaban maka akan dapat mudah terlacak. Internet merupakan sumber belajar bagi mahasiswa yang mana apabila dalam perkuliahan hanya beberapa hal pokok saja yang dibahas maka didalam internet mahasiswa akan menemukan semua hal yang berhubungan dengan mata kuliah tersebut.
Disamping sebagai sumber informasi internet juga digunakan sebagai ajang bergaul di dunia maya diantaranya facebook dan twiter. Di dalam jejaring sosial tersebut banyak hal positif maupun negative yang dapat kita temui. Diantaranya kita bisa berinteraksi dengan orang dari berbagai macam suku, golongan maupun agama. Dari sisi negative ternyata banyak dari mereka yang berinteraksi dengan dunia maya yang tidak jujur, memang dalam jejaring sosial tersebut tidak mengharuskan seseorang untuk jujur. Selain itu beredarnya rusaknya moral anak bangsa sebagian disebabkan beredarnya conten- conten pornografi yang tidak terbendung . di pungkiri atau tidak hanya beberapa warnet yang menerapkan internet sehat dengan cara tidak memberi sekat antara kompter satu dengan komputer lainnya.
Pembatasan conten yang dulu pernah di utarakan pemerintah mungkin hanya isapan jempol belaka karena pada kenyataannya conten tersebut masih dapat dengan mudah di unduh.
Dalam beberapa kasus ada kejadian penculikan yang mana hal tersebut dikarenakan karena interaksi di dunia maya, oleh karena itu sekali lagi prinsip kehati- hatian harus selalu di utamakan. Internet bagaikan 2 mata pisau apabila kita gunakan secara positif maka akan sangat bermanfaat sekali tetapi apabila kita gunakan secara negative maka dapat merusak moral bangsa.

C. Kiprah Perpustakaan

Seiring boomingnya penggunaan internet, pengunjung perpustakaan semakin hari semakin berkurang. Dari pengamatan penulis di perpustakaan Masjid Agung Demak ternyata jumlah pengunjung berkurang drastis yang salah satu penyebabnya diperkirakan beralihnya referensi para mahasiswa yang dahulu menggunakan buku sekarang beralih kepada internet.
Padahal referensi yang paling relevan adalah buku karena segala sumber data dapat dipertanggungjawabkan. Perpustakaan sebagai sumber ilmu pengetahuan tidak boleh kita lupakan.
Memang dari segi kemudahan mencari bahan referensi internet lebih unggul dibandingkan perpustakaan. Di perpustakaan kita harus mencari sumber dari satu buku ke buku lainnya tetapi di internet kita hanya tinggal ketik apa yang kita inginkan maka akan muncul dengan sendirinya apa yang kita cari.
Menghadapi hal semacam ini mungkin perpustakaan bisa berbenah untuk mencari daya tarik pengunjung agar lebih ramai lagi untuk dikunjungi. Kita tentu tidak ingin perpustakaan seperti museum yang biasanya selalu sepi dari pengunjung yang terkadang ramai kalau hanya waktu ada pameran atau hari- hari tertentu saja.
Selain karena pengaruh internet sepinya perpustakaan juga terjadi karena memang minat baca masyarakat Indonesia masih rendah (BPS th 2007) orang lebih memilih menonton TV (85,9 %) atau mendengarkan radio (40,3%) ketimbang membaca Koran (23,5 %).
Untuk itu kita sebagai masyarakat terpelajar kita harus mampu meningkatkan minat baca mayarakat kita agar sumber daya manusia kita dapat terangkat karena masyrakat yang cerdas adalah sumber dari kemajuan bangsa.


Diberdayakan oleh Blogger.

Tentang Saya

Foto saya
orangnya baek, jujur, baik hati,pecinta wanita, sekarang sedang kuliah di unisfat demak ambil tarbiyah

My Blogs

free counters

Followers

Categories

tags
Ada kesalahan di dalam gadget ini
Name: Alamat: Email:
Web hosting for webmasters