METODE PENGAJARAN HURUF VOKAL DAN KONSONAN DALAM BAHASA ARAB

METODE PENGAJARAN HURUF VOKAL DAN KONSONAN DALAM BAHASA ARAB
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Bahasa Arab
Dosen Pengampu: H. Nur Hadi, S. Ag

Disusun oleh :
Nur Syafa’atul Khutmala
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS SULTAN FATAH DEMAK
TAHUN 2010

A. Latar Belakang

Bahasa arab adalah bahasanya umat Islam, apapun suku, bangsa, lingkungan dan warna kulit. Selama mereka muslim, maka bahasa arab adalah bahasa mereka. Bahasa arab telah menjadi bahasa dunia semenjak awal kemunculan Islam sampai sekarang. Hampir 2/3 penduduk dunia memakai bahasa arab. Ketahuilah, bahasa arab adalah bahasa al Qur’an dan juga bahasanya ahli surga.
Rasulullah SAW bersabda :
Artinya : ”Cintailah Arab karena tiga alasan : karena Aku bangsa arab, al qur’an berbahasa arab, dan bahasa penghuni surga adalah bahasa arab.”
Memahami Hadist diatas kita sebagai umat Islam patut berbangga dan berbesar hati dengan bahasa arab. Semoga ini dapat kita jadikan cambuk untuk memotivasi diri kita dalam mencintai dan mempelajari bahasa arab.

B. Rumusan Masalah

Hal- hal yang dapat dijadikan rumusan masalah adalah:
2. Bagaimanakah pengertian huruf vokal dan konsonan?
3. Bagaimanakah tentang materi pembelajarannya ?

C. Pembahasan

  1. Metode Pengajaran
Metode adalah cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan sesuatu untuk kegiatan untuk mencapai tujuan yang ditentukan. Berdasarkan pengertian tersebut, maka metode pengajaran adalah cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan pengajaran guna mencapai tujuan yang ditentukan.
Sedangkan metode yang menurut penulis efektif adalah metode Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM). Metode pembelajaran pakem merupakan salah satu model pembelajaran yang diinginkan dalam implementasi KTSP di dalam kelas. Secara umum tujuan penerapan pakem adalah agar proses pembelajaran yang di laksanakan di kelas agar dapat merangasang aktivitas dan kreativitas belajar peserta didik serta dilaksanakan dengan efektif dan menyenangkan. Model ini merupakan salah satu alternatif solusi untuk menciptakan lulusan yang berkualitas, kompetitif, dan unggul.
Agar suatu metode dapat berjalan dengan efektif maka ada faktor- faktor yang harus diperhatiakn antara lain karakteristik siswa, situasi dan kondisi, kemampuan dan pribadi guru serta sarana dan prasarana yang digunakan
  1. Pengertian Huruf Vokal dan Konsonan
Dalam pelajaran bahasa arab ada istilah vokal dan konsonan. Vokal adalah huruf hidup yaitu: a [ɛ̈],i [ɪ], u [ʊ]. yang mana lisan di dalam mengucapkan tidak menemui kesulitan. Sedangkan konsonan adalah huruf mati, yang mana lisan didalam mengucapkan menemui kesulitan.
Pertama yang perlu diketahui bagi peserta didik, didalam mempelajari bahasa arab adalah dapat membedakan huruf hidup (vokal) dan dan huruf mati (konsonan). Sedangkan yang bisa membedakan antara huruf hidup dan huruf mati didalam huruf- huruf arab (huruf hijaiyah) adalah harakat.
Huruf hijaiyah bisa dikatakan hidup ketika :
· Berharakat fatkhah, contoh :
· Berharakat kasrah, contoh :
· Berharakat dlomah, contoh :
Huruf hijaiyah dikatakan mati ketika :
· Berharakat sukun, contoh :
· Huruf terakhir ketika di baca waqaf, contoh : dibaca
Bahasa Arab juga memiliki penekanan, yang disebut tashdid. Penekanan tashdid hanya terjadi di konsonan. Sementara itu, penekanan pada huruf vokal juga terjadi, disebut harkat panjang. Seperti misalnya pada kata KAA-tib (penulis), terjadi penekanan pada huruf vokal, yaitu pemanjangan harkat. Lalu, contoh lainnya yaitu, ma-JAL-LA (majalah), terjadi penekanan pada huruf "La" dimana la merupakan konsonan, dan mendapat penekanan dobel tashdid.[1]
  1. Materi Pembelajarannya
Siswa dapat menguasai materi dengan cara mengucapkan huruf- huruf hijaiyah pada makhraj dan intonasi secara benar, kemudian siswa diajarkan beberapa sub bab bahasa arab yaitu:
1. Mufrad ( kosakata)
Kegiatan pokok dalam mufrad adalah menghafalkan kosakata yang disediakan dengan lafal dan intonasi yang benar. Penguasaan siswa terhadap kosakata sangat menentukan keberhasilan siswa dalam menguasai materi pelajaran secara keseluruhan.
2. Istima’ (mendengarkan)
Kegiatan pokok dalam istima’ adalah mendengarkan guru yang membaca teks percakapan. Dengan melakukan kegiatan ini, siswa diharapkan mampu memahami kalimat- kalimat bahasa arab yang diucapkan loeh guru.
3. Muhadasah (percakapan)
Kegiatan pokok dalam muhadasah adaalh percakapan antara guru dan siswa atau siswa dengan siswa lainnya. Dengan melakukan kegiatan ini diharapkan siswa mampu melakukan percakapan dalam bahasa arab dan mampu menerapkan intonasi dan bahasa tubuh yang sesui dalam percakapan tersebut.
4. Qira’ah (membaca)
Kegiatan pokok dalam qira’ah adalah siswa membaca bacaan yang disediakan. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks- teks dalam bahasa arab, baik yang menggunakan harakat maupun tidak.
5. Kitabah (menulis)
Kegiatan kitabah dimulai dengan menyalin kalimat- kalimat yang ada di dalam buku. Hal ini bisa dilakukan dengan cara guru menuliskan kalimat- kalimat tersebut. Kemudian siswa menuliskannya di atas kertas kosong atau buku tulis masing- masing.

D. Kesimpulan

Dari berbagai macam uraian diatas dapat disimpulkan bahwa metode pengajaran adalah cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan pengajaran guna mencapai tujuan yang ditentukan. Bila ditinjau lebih dalam sebenarnya keunggulan suatu metode terletak pada beberapa faktor antara lain karakteristik siswa, situasi dan kondisi, kemampuan dan pribadi guru serta sarana dan prasarana yang digunakan.
Dalam pelajaran bahasa arab terdiri dari lima komponen pembelajaran pada umumnya adalah Mufrad, istima’, muhadash, qiro’ah, dan kitabah. Dengan cara ini siswa bisa lebih cepat memahami dan menguasai dalam berbahasa arab.

DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Arab, di akses tanggal 02 Desember 2010

[1] http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Arab


Diberdayakan oleh Blogger.

Tentang Saya

Foto Saya
orangnya baek, jujur, baik hati,pecinta wanita, sekarang sedang kuliah di unisfat demak ambil tarbiyah

My Blogs

free counters

Followers

Categories

tags

Share it

Name: Alamat: Email:
Web hosting for webmasters